Penelitian ini berjudul Strategi Promosi Perguruan Tinggi Islam Swasta di Kota Metropolitan dengan studi kasus di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Luqman Al-Hakim Surabaya. Dilatarbelakangi oleh pencapaian jumlah mahasiswa yang meningkat tiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam mempromosikan STAI Luqman Al-Hakim Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek peneliti dalam penelitian ini adalah divisi marketing dan communication di STAI Luqman Al-Hakim Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teori Integrated Marketing Comunication (IMC), yakni Marketing Mix oleh Kotler dan Keller. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran dalam mempromosikan STAI Luqman Al-Hakim Surabaya telah menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC), yakni Marketing Mix 7P atau bauran pemasaran meliputi strategi product, price, place, phisycal evidence, people, process, dan promotion. Program promosi yang dilakukan adalah pembuatan tools promotion, penguatan dan optimalisasi tim promosi, presentasi dan networking, iklan dan publikasi di media online, cetak, dan elektronik, optimalisasi website, penguatan branding di media sosail, optimalisasi jaringan ikatan alumni, referensi SMA almamater mahasiswa, optimalisasi buzzer stail, open house mahasantri, beasiswa atau diskon biaya kuliah.
Copyrights © 2023