Tujuan dari penelitian adalah Menganalisis strategi konkret yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk memotivasi dan mendukung calon Guru Penggerak dalam mengikuti program guru penggerak. Penelitian ini dilaksanakan pada SDN 25 Sijujung dengan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Partisipan wawancara adalah Asnelita,S.H,M.Pd serta 2 orang guru yaitu Darmayanti, S.Pd dan Halimah,S.PdI yang merupakan calon guru penggerak Angkatan 10. Hasil peneliti dapat adalah kepala sekolah SDN 25 Sijunjung sudah melakukan strategi konkret untuk memotivasi dan mendukung calon Guru Penggerak dalam mengikuti program guru penggerak. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi CGP meliputi: 1) Memberikan Dukungan Emosional. 2) Memberikan Kesempatan Pengembangan Profesional. 3) Menciptakan Lingkungan Kerja yang Mendukung. 4) Mendorong Kolaborasi dan Kerjasama. 5) Melakukan monitoring dan evaluasi . Serta dukungan kepala sekolah adalah 1) Memberikan Informasi yang Jelas dan Terperinci. 2) Menyediakan Waktu dan Kesempatan. 3) Menyediakan Dukungan Fasilitas. 4) Menyediakan Bimbingan dan Mentoring. 5) Mendorong Kolaborasi dan Diskusi. 6) Memberikan Pengakuan dan Apresiasi. Dukungan yang efektif dapat meningkatkan motivasi calon guru penggerak, yang pada akhirnya berkontribusi pada kinerja yang lebih baik dalam proses pengajaran dan pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024