EDU-KATA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 10 No 1 (2024): Februari 2024

PRINCIPAL STRATEGIES IN INCREASING MOTIVATION OF PROSPECTIVE TEACHER ACTIVISTS IN THE TEACHER ACTIVIST EDUCATION PROGRAM

Astuti, Rini (Unknown)
Murti, Yeni Dwi (Unknown)
Satriadi, Inong (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah Menganalisis strategi konkret yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk memotivasi dan mendukung calon Guru Penggerak dalam mengikuti program guru penggerak. Penelitian ini dilaksanakan pada SDN 25 Sijujung dengan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Partisipan wawancara adalah Asnelita,S.H,M.Pd serta 2 orang guru yaitu Darmayanti, S.Pd dan Halimah,S.PdI yang merupakan calon guru penggerak Angkatan 10. Hasil peneliti dapat adalah kepala sekolah SDN 25 Sijunjung sudah melakukan strategi konkret untuk memotivasi dan mendukung calon Guru Penggerak dalam mengikuti program guru penggerak. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi CGP meliputi: 1) Memberikan Dukungan Emosional. 2) Memberikan Kesempatan Pengembangan Profesional. 3) Menciptakan Lingkungan Kerja yang Mendukung. 4) Mendorong Kolaborasi dan Kerjasama. 5) Melakukan monitoring dan evaluasi . Serta dukungan kepala sekolah adalah 1) Memberikan Informasi yang Jelas dan Terperinci. 2) Menyediakan Waktu dan Kesempatan. 3) Menyediakan Dukungan Fasilitas. 4) Menyediakan Bimbingan dan Mentoring. 5) Mendorong Kolaborasi dan Diskusi. 6) Memberikan Pengakuan dan Apresiasi. Dukungan yang efektif dapat meningkatkan motivasi calon guru penggerak, yang pada akhirnya berkontribusi pada kinerja yang lebih baik dalam proses pengajaran dan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kata

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is published by the Master Program of Indonesian Language and Literature Education, Postgraduate Program, Islamic University Darul Ulum Lamongan as a medium of information, teaching facilities, and dissemination of research results, theoretical developments, and scientific writings on ...