Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Profesionalitas dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa 2) Pengaruh kualitas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2023 sampai bulan Februari 2024. Pendekatan yang digunakan pendekatan Kuantitatif metode korelasional. Populasi penelitian sebanyak 200 orang yakni mahasiswa UMPR yang menempuh kuliah semester 3, 5 dan 7 tahun tahun akademik 2023/2024, sedangkan sampel sebanyak 102 Orang yang diambil menggunakan teknik proposional non random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner berupa angket tertutup dengan jumlah item pernyataan 37 butir dengan koefisien reliabilitas X1 sebesar 0.870 (reliabel) , X2 sebesar 0.930 (reliabel) dan Y sebesar 0.879 (reliabel) dengan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari hasil penelitian disimpulkan (1). Profesionalitas dosen berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar, dilihat melalui uji hasil uji t Parsial dan model persamaan regresi nilai t variabel X1 = 3.656 dengan sig. 0.000 di mana < 0,05 maka X1 mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel dependen, yaitu Y (2) Penggunaan Metode Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa UMPR dilihat dari nilai t variabel X2 = 5.875 dengan sig. 0.000 di mana < 0,05 maka X2 mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel dependen (Y).
Copyrights © 2024