Penyelenggaraan pemerintahan berbasis internet atau e-government dari pusat hingga daerah menjadi perkembangan yang cukup pesat dari digitalisasi dalam bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi yang saat ini berpengaruh pada implementasi pemerintahan. Banyaknya pengaduan dari masyarakat Karawang membuat pemerintah harus dapat menampung banyaknya aspirasi yang diberikan salah satunya melalui aplikasi Tanggap Karawang. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan dari aplikasi tersebut dalam menampung aspirasi masyarakat Karawang. Adapun, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang menggambarkan penelitian secara langsung berdasarkan data yang ada. Sehingga, hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi Tanggap Karawang telah berhasil membantu masyarakat dalam menyalurkan dan mewadahi aspirasi serta permasalahan sosial yang terjadi secara cepat tanpa harus datang secara langsung ke kantor dan perkembangan serta dampak positif dapat dilihat dari indikator support, capacity, dan value. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan total pengaduan pada tahun 2024 yaitu sebanyak 10.988, 10.450 selesai ditindaklanjuti, 351 pengaduan masih proses, dan 187 pengaduan masih menunggu. Oleh karena itu, masyarakat menilai bahwa aplikasi ini cukup membantu.
Copyrights © 2024