Berdasarkan hasil observasi awal, pembelajaran konsep perkalian dasar masih dilakukan dengan metode memaksa peserta didik menghafal, sehingga saat mengerjakan soal peserta didik mudah lupa. Berhitung dengan menggunakan jarimatika akan memudahkan dan menyenangkan bagi peserta didik. Jarimatika akan menfasilitasi jembatan antar tahap perkembangan kognitif peserta didik yang kongkrit dengan materi perkalian yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik jarimatika sebagai metode pembelajaran menarik dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan naturalistik yang bersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik jarimatika pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah An-Na’iim dengan materi luas bangun datar meningkat dari tiap-tiap siklus. Di mana Hasil belajar sebelum penggunaan teknik jarimatika berada pada kriteria sangat kurang, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan persentasenya adalah 17,64%. Sedangkan sesudah penggunaan teknik jarimatika persentasenya mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I yaitu 52,94%, dan siklus II 88,23%.
Copyrights © 2024