Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 1 (2024): Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Teori Falsifikasi Karl R. Popper dan Kontribusinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital

Saputri, Nanda Dewi (Universitas Sebelas Maret)
Rahman, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membahas dan mendeskripsikan mengenai substansi asumsi teori Karl R. Popper, teori falsifikasi Karl R. Popper, dan kontribusi teori Karl R. Popper dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Substansi asumsi teori Popper, yaitu berupa penolakan terhadap verifikasionisme, prinsip demakarsi, dan kritisme terhadap induksi. Kedua, teori falsifikasi Popper sebagai alternatif terhadap pandangan positivisme logis yang mendukung verifikasi sebagai kriteria validitas teori ilmiah. Teori falsifikasi berfokus pada ide bahwa sebuah teori dapat dianggap ilmiah jika dapat dibuktikan salah (falsifikasi). Ketiga, kontribusi teori falsifikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis digital dapat membantu peserta didik untuk tidak hanya menjadi konsumen informasi yang cerdas tetapi juga produsen konten digital yang kritis dan bertanggung jawab.

Copyrights © 2024