Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Minat Belajar Meningkatkan Kedisiplinan dan Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran

Sya’roni, Afriani Khairunnisa (Unknown)
Adiva, Syakira Warda (Unknown)
Kumarsanuh, Fauzan (Unknown)
Fadhil, Husheini (Unknown)
Djaniwa, Winda (Unknown)
Marhamah, Marhamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruhnya minat belajar meningkatkan kedisiplinan dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran pendidikan kelas VII di MTs Nur At-Taqwa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan belajar. Siswa yang mempunyai kedisiplinan yang baik akan lebih aktif dalam belajar, tidak terlambat dan mempunyai bahan belajar yang cukup. Disiplin pada diri siswa juga dapat menghindarkan siswa dari rasa malas dan menimbulkan semangat belajar. Minat belajar dan keterlibatan siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Siswa yang berminat belajar akan lebih bahagia ketika mempelajari mata pelajaran, fokus dalam memahami mata pelajaran dan meningkatkan hasil akademiknya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu dilakukan upaya yang besar agar siswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Guru dapat mendorong keinginan siswa untuk berhasil, memberi penghargaan pada pembelajaran, memberikan kegiatan belajar yang menarik dan menyediakan lingkungan belajar yang kondusif. Dengan meningkatkan kedisiplinan siswa dan menjaga motivasi belajar yang tinggi maka siswa dapat mencapai pembelajaran yang maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...