Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan dalam melakukan analisis atas elemen-elemen yang berperan dalam memengaruhi kecenderungan penggunaan sistem informasi akuntansi yang berbasis e-commerce pada platform Shopee. Peneliti memilih menggunakan jenis data primer untuk diolah sebagai data penelitian. Prosedur pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang berjumlah 135 responden dan memenuhi syarat sebagai sampel penelitian yang diperoleh dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Metode yang diterapkan adalah analisis regresi linear berganda dengan penggunaan perangkat lunak analisis data 25 SPSS for windows. Peneliti mendapatkan beberapa poin sebagai hasil penelitian di antaranya yaitu persepsi kemudahan, persepsi manfaat, kepercayaan, dan sikap terhadap penggunaan berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap kecenderungan penggunaan sistem informasi akuntansi yang berbasis e-commerce di aplikasi Shopee. Adapun berbeda dengan hasil temuan lain, persepsi terhadap risk tidak memiliki pengaruh terhadap kecenderungan penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi yang sama.
Copyrights © 2024