Penelitian ini, dilatarbelakangi oleh penulis terhadap kegiatan proses belajar mengajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dikarenakan terdapat sebagian peserta didik yang memiliki kemampuan menulis teks eksplanasi masih kurang dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dapat diketahui tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN VI Pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan cara melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalam menulis teks eksplanasi siswa Kelas VIII SMPN VI Pamekasan sudah dapat dikatakan cukup baik. Terbukti dari 12 tugas teks eksplanasi siswa sudah memenuhi beberapa indikator, yaitu: 1). Bagian pembukaan sebanyak 7 siswa yang memiliki karya teks eksplanasi yang baik, sedangkan 5 siswa memiliki karya yang cukup baik; 2). Bagian inti sebanyak 8 siswa yang memiliki karya teks eksplanasi yang baik, sedangkan 4 siswa memiliki karya yang cukup baik; 3). Bagian penutup sebanyak 8 siswa yang memiliki karya teks eksplanasi yang baik, sedangkan 4 siswa memiliki karya yang cukup baik.
Copyrights © 2023