Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Vol 9, No 2 (2024): VOLUME 9 NUMBER 2 MEI 2024

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LIVEWORKSHEETS DENGAN PENDEKATAN CASE BASED LEARNING: PRELIMINARY STUDY

FH, Yuliana (Unknown)
Firmansyah, Firmansyah (Unknown)
Pratita, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Kreativitas, kolaboratif, berfikir kritis dan komunikatif merupakan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki setiap mahasiswa dalam menghadapi berbagai tantangan global. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang berkualitas dan mendukung kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Salah satunya dengan memanfaatkan media interaktif yang dapat memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa dan menyajikan informasi pembelajaran yang aktual dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kebutuhan mahasiswa akan pengembangan media interaktif yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang diberikan kepada 71 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya yang mengikuti mata kuliah Teori Ekonomi Mikro di semester ganjil tahun 2023. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa penggunaan media interaktif dalam perkuliah masih belum banyak dilakukan, sehingga mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak dalam pembelajaran. Mahasiswa membutuhkan media interaktif yang memiliki kemudahan dalam akses dan penggunaannya salah satunya dengan memanfaatkan liveworksheets. Selanjutnya, media yang dibutuhkan harus mampu menumbuhkan kemampuan dalam membangun pengetahuannya melalui aktivitas pembelajaran berbasis kasus (case based learning) yang memberikan pengalaman pembelajaran kontekstual. Dengan demikian, studi pendahuluan ini dapat dijadikan pijakan bagi peneliti dalam mengembangkan media interaktif liveworksheets dengan pendekatan case based learning untuk mendukung aktivitas pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JurnalPIPSI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social ...