Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas penggunaan Instagram dalam proses branding pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kemanggisan, Jakarta. Dengan latar belakang pentingnya peran media sosial dalam strategi pemasaran modern, khususnya bagi UMKM yang menghadapi persaingan ketat dan perubahan perilaku konsumen, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada pemilik atau manajer UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas UMKM di Kemanggisan sudah menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Sebanyak 60% responden merasa bahwa Instagram efektif dalam meningkatkan kesadaran merek, sementara 35% lainnya merasa sangat terbantu dalam menumbuhkan kesadaran merek. Selain itu, 75% responden menyatakan bahwa interaksi langsung dengan pelanggan melalui Instagram cukup efektif dalam membangun hubungan yang kuat, dan 70% responden menganggap Instagram berperan besar dalam meningkatkan penjualan atau pesanan produk/layanan mereka. Dengan demikian, Instagram terbukti sebagai platform yang efektif dalam mendukung proses branding bagi UMKM di Kemanggisan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024