Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital
Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Juli - September 2024)

Analisis Dampak E-commerce Terhadap Para Pedagang Konvensional ITC Depok

Rahmawati, Anita (Unknown)
Rahma Nur Praptiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi dalam beberapa dekade terakhir telah mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk cara bertransaksi yang menjadi lebih efektif dan efisien. e-commerce telah menjadi alternatif utama dalam jual beli produk komersial di Indonesia, memberikan dampak signifikan pada pedagang konvensional seperti di pusat perbelanjaan International Trade Center (ITC) Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap pedagang konvensional di ITC Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik random sampling, melibatkan 30 pedagang konvensional sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce memiliki pengaruh positif namun lemah terhadap pedagang konvensional, dengan koefisien determinasi sebesar 28,4%, yang berarti 71,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa adanya e-commerce memiliki pengaruh dan manfaat yang besar terhadap pedagang konvensional maka adopsi e-commerce oleh pedagang konvensional diperlukan untuk dapat meningkatkan penjualan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi bisnis mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPD

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Makalah yang diterbitkan adalah hasil penelitian, refleksi, dan studi kritis aktual sehubungan dengan tema integrasi sains dan teknologi manajemen bisnis digital: Kelebihan informasi Manajemen Konten Penerbitan Web Manajemen data Manajemen informasi Manajemen Pencarian dan Pengambilan Informasi ...