Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital
Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Juli - September 2024)

Stream to Shop: Perilaku Belanja Gen Z Pada Social Commerce dan Apa Yang Paling Memikat Mereka

Dewi Anjani Sudrajat, Nikita (Unknown)
Chairunnisa, Greisa (Unknown)
Nur Assyifa, Salsabila (Unknown)
Wulandari, Nuri (Unknown)
Rimadias, Santi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang pada saat ini, aplikasi media sosial semakin mendominasi lanskap digital. Saat ini TikTok Shop sering digunakan untuk melakukan aktivitas berbelanja oleh  Generasi Z. Bentuk social commerce ini tidak hanya digunakan untuk mengkonsumsi konten, tetapi juga bisa langsung berbelanja tanpa harus meninggalkan aplikasi tersebut. Studi ini bertujuan untuk menggali perilaku berbelanja Generasi Z di TikTok Shop. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik focus group discussion yang memuat 3 kelompok focus group discussion dengan masing-masing grup beranggotakan 6 orang mahasiswa/i pada rentang usia 18-23 tahun. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan pemahaman mendalam terkait tematik sales promotion dan harga, electronic word of mouth dalam bentuk ulasan, serta konten dan live streaming terhadap keputusan pembelian via Tiktok Shop. Keunikan dari penelitian ini adalah fenomena yang ditangkap sangat aktual dan dapat menjadi dasar penelitian di masa depan dalam subjek yang sama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPD

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Makalah yang diterbitkan adalah hasil penelitian, refleksi, dan studi kritis aktual sehubungan dengan tema integrasi sains dan teknologi manajemen bisnis digital: Kelebihan informasi Manajemen Konten Penerbitan Web Manajemen data Manajemen informasi Manajemen Pencarian dan Pengambilan Informasi ...