Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital
Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Juli - September 2024)

Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Pada Mahasiswa/i Program Studi Manajemen Universitas Catur Insan Cendekia

Yulia Rahmawati, Devy (Unknown)
Pranata, Sudadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Tingkat kepuasan pengguna aplikasi DANA di kalangan mahasiswa manajemen UCIC menjadi judul penelitian yang dilakukan peneliti. Aplikasi DANA menghadirkan inovasi di bidang keuangan digital untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Dengan adanya penelitian ini peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang menjadi keunggulan aplikasi DANA, upaya apa yang dilakukan DANA untuk menguasai pasar financial technology, dan tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi DANA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui data primer (penyebaran kuesioner kepada mahasiswa UCIC dan wawancara kepada pedagang yang melibatkan DANA) dan data sekunder (studi literatur). Kuesioner disebarkan kepada 100 orang yaitu mahasiswa program studi manajemen UCIC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan aplikasi DANA dan yang dilakukan DANA dalam menguasai pasar financial technology adalah kecepatan proses transaksi baik transfer maupun melalui kode QR dan sistem keamanan. Dan hasil tingkat kepuasan pengguna aplikasi DANAmenunjukkan hasil uji t menyatakan thitung (1,172) > t tabel (0,195) sehingga HO ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil tingkat harapan dan tingkat kinerja pada aplikasi DANA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPD

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Makalah yang diterbitkan adalah hasil penelitian, refleksi, dan studi kritis aktual sehubungan dengan tema integrasi sains dan teknologi manajemen bisnis digital: Kelebihan informasi Manajemen Konten Penerbitan Web Manajemen data Manajemen informasi Manajemen Pencarian dan Pengambilan Informasi ...