Jurnal Bahusacca
Vol. 5 No. 1 (2024): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

ANALISIS SISWA DISKALKULIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR: Diskalkulia, Mengatasi, Penyebab

Prihantoro, Mahruf todi (Unknown)
Mah’ruf Todi Prihantoro (Unknown)
Muhyiddin Attaqiy (Unknown)
Suparmi, Suparmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya kesulitan belajar matematika anak diskalkulia di lingkungan sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah literatur review. Kesulitan belajar peserta didik yang mempunyai kekurangan pada kemampuan berhitung matematika disebut dengan diskalkulia. Diskalkulia dibatasi sebagai bentuk learning disability yang ditandai dengan kekacauan dalam berhitung, anak-anak biasanya memiliki kognisi sosial yang buruk, konsep arah dan waktu yang buruk, serta masalah ingatan, anak merasa kesulitan dalam membedakan bentuk geometris dan konsep bilangan Faktor penyebab kesulitan belajar matematika meliputi factor internal dan eksternal, dan strategi pembelajaran yang sesuai dapat membantu siswa mengatasi kesulitan tersebut, serta diperlukannya peran guru dan orangtua untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...