Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi kewirausahaan, orientasi pasar, strategi bisnis, dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis UMKM di DKI Jakarta. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form. Sampel dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM bidang kuliner di DKI Jakarta dengan total 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan program smartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kewirausahaan, orientasi pasar, strategi bisnis, dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis. This study aims to analyze the effect of entrepreneurial competence, market orientation, business strategy, and product innovation on the business performance of MSMEs in DKI Jakarta. The data collection process in this study was by distributing questionnaires online using google form. The sample in this study were culinary MSME players in DKI Jakarta with a total of 100 respondents. The data analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM) with the smartPLS version 3 program. The results of this study indicate that there is a positive and significant effect of entrepreneurial competence, market orientation, business strategy, and product innovation on business performance.
Copyrights © 2024