Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan

Peran Organisasi Pembelajaran terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi

Christofer, Daniel Mariana (Unknown)
Masman, Ronnie Resdianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini membahas hubungan organisasi pembelajaran pada kinerja karyawan dengan mediasi komitmen organisasi pada PT Boom Juara Emas. Kemajuan yang pesat dalam industri game mendorong PT BOOM Juara Emas untuk membuat bisnis yang dikhususkan bagi penggemar game, dengan nama Boom Indonesia. PT Boom Juara Emas merupakan perusahaan e-sports yang bergerak dalam bidang games online. Nyatanya sektor aplikasi dan game berhasil menyumbang PDB sebesar Rp 31,25 triliun pada tahun 2021, pencapaian tersebut berdampak pada peningkatan lapangan pekerjaan, asosiasi game Indonesia bersama kementerian pariwisata, ekonomi kreatif dan informatika telah mengirimkan 8 developer game lokal ke ajang game connection America 2023. kuesioner di isi oleh 48 karyawan PT Boom Juara Emas. Hasil kuesioner dioleh memakai Smart PLS 4.0. Penelitian memakai cross sectional dikarenakan peneliti mempelajari efek dan risiko dengan cara obeservarasi atau pengumpulan data sekaligus guna mengetahui adanya keterkaitan antara variabel. Penyebaran kuesioner dilaksanakan dari tanggal 9-12 November 2023, pengisian kuesioner melalui google form yang dapat di isi dimana saja dan kapan saja. Pada penelitian penulis organisasi pembelajaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan komitmen organisasi, komitmen organisasi juga memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan dan komitmen organisasi dapat memediasi hubungan organisasi pembelajaran dan kinerja karyawan pada PT Boom Juara Emas. This research examines the relationship between learning organizations and employee performance mediated by organizational commitment at PT Boom Juara Emas. The rapid growth in the gaming industry,has encouraged PT BOOM Juara Emas to create a business specifically for those who like the world of gaming, by the name Boom Indonesia. In fact, the application and game sector succeeded in contributing a GDP of IDR 31.25 trillion in 2021, this achievement has an impact on increasing the number of jobs. The Indonesian game association together with the ministry of tourism, creative economy and information technology have sent 8 selected local game developers to the American game connection event. 2023 (Tourism & creative economy, 2022). The questionnaire was filled in by 48 employees of PT Boom Juara Emas. Questionnaire results were obtained using Smart PLS 4.0. The research uses cross sectional because researchers study the effects and risks by observing or collecting data at the same time to determine whether there is a relationship between variables. Distribution of questionnaires will be carried out from 9-12 November 2023, filling in the questionnaire via Google form. In the author's research, learning organizations have a positive and significant influence on employee performance and organizational commitment, organizational commitment also has a positive and significant influence on employee performance and organizational commitment can mediate the relationship between organizational learning and employee performance at PT Boom Juara Emas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMDK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan e-ISSN 2657-0025 is a collection of articles created by students of Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tarumanagara, as a requirement to achieve Bachelor of Economics degree. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan is published ...