Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi
Vol 3 No 1 (2024): September

Pengukuran Efektivitas Platform E-Learning dalam Pembelajaran Teknik Informatika di Era Digital: Measuring the Effectiveness of E-Learning Platforms in Learning Information Technology in the Digital Era

Putra, Galih Sabarno (Unknown)
Maulana, Iqbal Ilmi (Unknown)
Chayo, Andre Dwi (Unknown)
Haekal, Muhammad Ilham (Unknown)
Syaharani, Reza (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Dalam era digital, teknologi menjadi elemen penting dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran teknik informatika. Penggunaan platform e-learning menawarkan potensi besar untuk meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan interaktivitas pembelajaran, namun efektivitasnya masih perlu dievaluasi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas platform e-learning dalam mendukung pembelajaran mahasiswa teknik informatika. Metodologi mencakup survei dan analisis data dari 200 mahasiswa dan 30 pengajar di beberapa universitas di Indonesia, dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan analisis ANOVA dan wawancara mendalam untuk memperoleh data kuantitatif dan kualitatif. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% mahasiswa merasa e-learning memudahkan akses materi pembelajaran, dan 80% pengajar melaporkan peningkatan efisiensi penyampaian materi. Selain itu, 70% mahasiswa merasa lebih terlibat melalui fitur interaktif platform e-learning. Namun, kendala seperti koneksi internet yang tidak stabil masih ada. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang efektivitas e-learning dan membantu institusi pendidikan mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran teknik informatika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mentari

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Discover the forefront of educational innovation with the Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi. Our latest issue delves into five meticulously curated focus areas that blend traditional educational principles with cutting-edge technology. From the integration of Sharia ...