JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa
Volume 8 Nomor 1 Tahun 2024

Analisis Tingkat Employability Skilss Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Bhakti, Caraka Putra (Unknown)
Ardiningrum, Carissa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat employability skilss pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Banjarnegara. Penelitian menggunakan desain penelitian metode survey dengan menggunakan G-From. Sampel berjumlah 49 siswa, yaitu total seluruh siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Banjarnegara, dengan melalui skala employability skilss. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil tingkat employability skilss yaitu pada kategori tinggi sebsar 47%, kategori sedang sejumlah 51%, dan kategori rendah 2%, yang menunjukan masih adanya siswa yang tingkat employability skilss pada kategori sedang dan rendah, sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkannya, karena tidak sebatas hanya pada siswa yang rendah, tetapi sedang bahkan tinggi juga bisa ditingkatkan. Karena melalui employability skills yang mumpuni, siswa akan memperhatikan berbagai hal yang diperlukan saat akan memasuki dunia kerja, yang utamanya adalah keterampilan yang harus dipenuhi di pekerjaan yang menjadi keinginannya dan sebagai cara bertahan serta bersaing di masa depan, terutama dalam perjalanan karir. Meningkatkan employability skilss bisa melalui beberapa kegiatan dan yang terutama dalam peran sekolah terkhusus peran guru BK dalam memberikan layanannya agar menunjang peningkatan employability skilss siswa, sebagai upaya gur BK dalam mengoptimalkan potensi dan perkembangan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurkam

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is published 2 (two) times a year in February and August with peer-reviewed and open access process. Has p-ISSN: 2549-1857 and e-ISSN: 2549-4279, , published by Study Program Guidance and Counseling STKIP Andi Mattappa Pangkep. JURKAM publishes writings / ...