JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa
Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

E-MOVE: Sebuah Inovasi E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Toleransi Dan Membantuk Profil Pelajar Pancasila Yang Berkebhinekaan Global Di Era Digital

Jurais, Muhammad (Unknown)
Latif, Suciani (Unknown)
Harum, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-MOVE sebagai media layanan bimbingan untuk meningkatkan sikap toleransi siswa yang berangkat dari kurangnya informasi siswa tentang sikap toleransi. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui gambaran kebutuhan pengembangan E-Modul toleransi sebagai upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi Berkebhinekaan Global pada siswa SMPN 25 Makassar; 2) Untuk mengetahui prototipe pengembangan E-Modul toleransi sebagai upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi Berkebhinekaan Global pada siswa SMPN 25 Makassar; 3) Untuk mengetahui tingkat validitas E-Modul toleransi sebagai upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi Berkebhinekaan Global pada siswa SMPN 25 Makassar; 4) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan E-Modul toleransi sebagai upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi Berkebhinekaan Global pada siswa SMPN 25 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu model penelitian pengembangan yang memiliki 5 tahapan, yakni: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat fenomena intoleransi antar siswa di SMPN 25 Makassar seperti mengejek hingga diskriminasi akibatnya siswa menangis, melapor ke guru BK bahkan berkelahi yang disebabkan oleh pikiran irasional (tidak masuk akal); 2) Prototipe E-MOVE mengadaptasi Profil Pelajar Pancasila pada dimensi Berkebinekaan Global dengan menggunakan model Psikoedukasi Cognitive Stage Experiential. E-MOVE di desain menggunakan Canva Pro kemudian finalisasi dengan Heyzine Flipbooks agar berbentuk modul elektronik; 3) Tingkat validitas dari E-MOVE dinyatakan sangat valid berdasarkan materi dan media dengan total persentase 93,75% sehingga layak untuk diujicobakan ke sekolah SMPN 25 Makassar; 4) Tingkat kepraktisan dari E-MOVE dinyatakan praktis berdasarkan dari guru BK dan siswa SMPN 25 Makassar dengan totalĀ  persentase 79,5% sehingga dapat diujicobakan secara luas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurkam

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is published 2 (two) times a year in February and August with peer-reviewed and open access process. Has p-ISSN: 2549-1857 and e-ISSN: 2549-4279, , published by Study Program Guidance and Counseling STKIP Andi Mattappa Pangkep. JURKAM publishes writings / ...