Jurnal Teknik ITS
Vol 12, No 3 (2023)

Analisis Perubahan Kualitas Layanan Penumpang dengan Adanya Transformasi Digital pada Area Check-in di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Larri, Rossan Fadel (Departemen Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Ahyudanari, Ervina (Departemen Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan satu-satunya bandar udara internasional di Pulau Bali dan menjadi pintu masuk utama bagi para wisatawan. PT. Angkasa Pura I selaku pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali mencatat jumlah penumpang domestik pada tahun 2021 sebanyak 3.770.944 penumpang, angka ini meningkat 3% dari tahun 2020 yakni sebanyak 3.657.298 penumpang. Dalam menghadapi kemungkinan lonjakan jumlah penumpang di terminal domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, tentu dibutuhkan fasilitas terminal penumpang yang memadai untuk mengurangi waktu check-in dan panjang antrean. Dengan pesatnya perkembangan teknologi terkait dengan fasilitas terminal bandar udara, beberapa fasilitas terminal khususnya pada proses check-in telah menerapkan beberapa metode check-in, diantaranya Self Check-in dan Self Baggage Drop (SBD) yang mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) 9 yaitu industry, innovation, and infrastructure. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh pola distribusi penumpang tiap maskapai domestik dengan peak hour sebanyak 212 penumpang/jam pada pukul 16.00, peramalan total jumlah keberangkatan penumpang 7 tahun kedepan dengan metode regresi linear sebanyak 43.230.706 penumpang. Setelah dilakukan simulasi antrean diperoleh jumlah antrean penumpang maksimum di check-in counter adalah 39 penumpang/counter, self check-in 17 penumpang/counter, dan SBD sebanyak 4 penumpang/counter dengan waktu pelayanan maksimum 5,20 menit dengan grade LoS A. perkiraan kebutuhan penerapan Self Baggage Drop (SBD) diperoleh sebanyak 46 unit sehingga luas antrean penumpang di check-in counter konvensional dan mesin kiosk self check-in pada layout area check-in rencana menjadi berkurang. Luas total antrean eksisting di check-in counter konvensional 1.221 m2 berkurang menjadi 819 m2 dan mesin kiosk self check-in 910 m2 berkurang menjadi 680 m2 dengan rencana transformasi digital berupa penerapan Self Baggage Drop (SBD).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...