Salah satu bidang yang mengalami kemajuan seiring perkembangan teknologi adalah kekuatan struktur dalam dunia otomotif. Penelitian ini fokus pada analisis statis dan dinamis suspensi all-wheel drive vehicle dengan metode elemen hingga di ANSYS Workbench 2021 R2. Material yang digunakan adalah structural steel dan baja AISI 1085. Analisis statis mencakup pengujian static structural untuk mendapatkan nilai tegangan von-misses dan total deformasi. Analisis dinamis melibatkan pengujian modal analysis untuk mengetahui mode shape dan natural frequency, serta pengujian harmonic response analysis untuk memahami pembebanan dinamis akibat getaran grafik frequency response. Dari penelitian ini pada simulasi statis, dengan menggunakan material carbon steel dan AISI 1085, dan terdapat dua desain. Didapatkan nilai maximum stress pada kedua desain sebesar 309,7 MPa dan 325,2 MPa, total deformation kedua desain sebesar 95,707 mm dan 102 mm, dan untuk safety factor kedua desain adalah sebesar sebesar 1,34 dan 1,27. Dari besar maximum stress kedua desain yang masih dibawah yield strength material dan safety factor kedua desain diatas 1 (S_f>1), maka desain kedua desain aman digunakan pada berat 1200 kg. Pada pengujian modal analisis didapatkan frekuensi kedua desain yaitu sebesar 28,367 Hz dan 27,445 Hz. 3. Pada pengujian fatigue harmonic response nilai alternating stress didapatkan secara berturut-turut, yakni 3750,27 dan 3760,145 MPa. Dan safety factor dari kedua desain adalah 0.22.
Copyrights © 2024