Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 9, No 2 (2024)

PENGEMBANGAN MEDIA VLOG TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA MATERI ASAM BASA

Fadhilah, Nurul (Unknown)
Sudarmin, Sudarmin (Unknown)
Sumarni, Woro (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media vlog terintegrasi etnosains pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Develompment (R&D) yang mengacu pada model 4D dari Thiagarajan, (1974) yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design dan develop. Tahap dessiminate tidak dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis angket, wawancara, validasi ahli media, validasi ahli materi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media vlog terintegrasi etnosains layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran kimia berdasarkan penilaian ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase 93,75 % dengan kategori valid dan diperoleh persentase 90,42 % dengan kategori valid berdasarkan validasi ahli materi. Setelah media vlog divalidasi oleh para ahli, vlog diuji cobakan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase 89,88% dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...