Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 9, No 2 (2024)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN INSTRUMENT TEST DIAGNOSTIC FOUR TIER MULTIPLE CHOICE

Faizah, Hafidhatul (Unknown)
Haryati, Sri (Unknown)
Holiwarni, Betty (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi peserta didik kelas XI MIPA SMAN 8 Pekanbaru dan SMAN 6 Pekanbaru pada konsep materi asam basa disemester genap tahun ajaran 2022/2023 dan pengambilan data dilakukan pada bulan Februari-April 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 8 Pekanbaru dan SMAN 6 Pekanbaru yang berjumlah 178 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pilihan ganda empat tingkat. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah tes diagnostik. Hasil identifikasi di SMA Negeri 8 Pekanbaru yang termasuk dalam kategori miskonsepsi sebesar 39.3% dengan kategori sedang. Persentase peserta didik di SMA Negeri 6 Pekanbaru yang termasuk dalam kategori miskonsepsi sebesar 39.23% dengan kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...