JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK
Vol. 1 No. 4 (2024): Agustus

MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Izzatanur, Arina (Unknown)
Rachmadtullah, Reza (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran self directed learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Responden penelitian adalah 50 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dan untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran self directed learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmia

Publisher

Subject

Religion Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK (JMIA) , ISSN: (cetak), ISSN: (online) adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh CV. Kampus Akademik Publising . JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK merupakan platform publikasi jurnal Karya suatu hasil penelitian orisinil ...