JIPM Connectedness
Vol 4 No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness

Perilaku Adaptif Anak Autis Ditinjau dari Guru di SDLB Kota Sorong

Ashari, Ashari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Abstrak.. Pada dasarnya Pendidikan merupakan kebutuhan pada setiap anak dan tetap sama dengan anak umumnya , sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) di Kota Sorong, Guru tetap yang berlatarbelakang Pendidikan Khusus hanya satu orang selebihnya latar Pendidikan dengan konsentrasi lain. Mininnya SDM ini akan berpotensi menjadi penghambat utama dalam proses Pendidikan anak berkebutuhan khusus yang jumlahnya puluhan. Oleh karen itu pertanyaan penelitiannya adalah Bagaimana perilaku adaptif anak Autis ditinjau dari guru di SDLB Kota Sorong? Dengan metode kualitatif yang berdasarkan riset lapangan (field research) yaitu penelitian lapangan yang dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya dan menggunak inventory Vineland adaptif behavior scale 3 (VABS3). Adapun subjek dalam penelitian ini diambil 10 dari 18 Peserta didik dengan Klasifikasi Autis di SDLB Kota Sorong 2023-2024. Hasil penelitian menemukan perilaku adaptif anak autis di SDLB Kota Sorong masih rendah (low) dengan menggunakan inventori Vineland Adaptif behavior scale 3, hasil skor rata-rata dengan jumlah n=10 adalah 64,2 hasil ini berada pada rentan 20 to 70. Kata kunci: (Perilaku Adaptif, Aanak Autis, Guru)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpsikologiunimuda

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness is an open-access journal, dedicated to the wide dissemination of novel and innovative empirical research in various aspects of psychology, with a particular interest – the development of psychology and behavioral sciences in the world. Jurnal Psikologi ...