Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa SD Unggulan Muslimat NU Kudus dalam menyelesaikan soal cerita matematika HOTS. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif, melibatkan 6 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive berdasarkan tingkat kemampuan matematis (tinggi, sedang, rendah). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan variasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tingkat HOTS yang melibatkan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan bilangan bulat negatif dalam konteks kehidupan sehari-hari. Perbedaan kemampuan disebabkan oleh keunggulan dan kelemahan masing-masing siswa dalam pemecahan masalah soal cerita matematika. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil tes siswa tersebut berdasarkan indikator pemecahan masalah, bahwa siswa sangat menonjol dalam hal melaksanakan rencana dan kurang dalam hal mengevaluasi kembali hasil pekerjaannya. Kata-kata Kunci : HOTS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Soal Cerita
Copyrights © 2024