Perkembangan teknologi, khususnya popularitas smartphone, telah membawa perubahan signifikan dalam manajemen kehadiran, sebuah elemen administrasi penting dalam berbagai konteks, seperti pendidikan dan pekerjaan. Untuk meningkatkan efektivitas pencatatan kehadiran, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi pencatat kehadiran asisten berbasis Android dengan menerapkan metode Agile di Laboratorium Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Mengadopsi metode Agile, penelitian ini mencakup seluruh siklus pengembangan, dengan melibatkan pengguna secara aktif. Proses perancangan dan pengembangan melibatkan pengguna dalam keperluan merancang antarmuka aplikasi dan desain alur kerja sistem, serta mengembangkan sistem dengan bahasa pemrograman Kotlin. Pengujian berlangsung selama tujuh hari efektif dengan implementasi langsung di lingkungan laboratorium komputer, dengan hasil User Acceptance Test (UAT) menunjukkan tingkat kesesuaian fungsional aplikasi mencapai rata-rata 98,17%. Penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi manajemen kehadiran asisten laboratorium dan memberikan kontribusi positif pada operasional Laboratorium Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Kesimpulan penelitian ini menegaskan keberhasilan penerapan metode Agile dalam pengembangan aplikasi pencatat kehadiran asisten berbasis Android.
Copyrights © 2024