Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara langsung variabel eksogen SEO (Seach Engine Optimization) dan variabel eksogen iklan berbasis internet (X_2) terhadap variabel endogen Keputusan Pembelian Online. Jenis penelitian explanatory research melalui pendekatan model kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner atau angket. Dalam pengumpulan datanya penelitian ini menggukan teknik convenience sampling dengan sampel sebanyak 384 orang dari jumlah populasi warga kota Batam yang berjumlah 1.196.396 orang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan structural equation model (SEM) dengan software Amos version 24. Hasil dari penelitian ini variabel variabel eksogen Search Engine Optimization berpengaruh secara positif signifikan tehadap variabel endogen Keputusan Pembelian Online, dan eksogen Iklan Berbasis Internet berpengaruh secara positif dan signifikan tehadap variabel endogen Keputusan Pembelian Online. Besarnya pengaruh secara langsung variabel eksogen Search Engine Optimization dan variabel eksogen Iklan Berbasis Internet terhadap variabel endogen Keputusan Pembelian Online adalah sebesar 75,3%. This study aims to analyze the direct effect of SEO (Seach Engine Optimization) exogenous variables and internet-based advertising exogenous variables on endogenous variable Online Purchase Decision. The type of research explanatory research through a quantitative model approach with research instruments in the form of questionnaires or questionnaires. In collecting the data, this research used the convenience sampling technique with a sample of 384 people from a total population of 1,196,396 Batam residents. The analysis in this study uses a structural equation model (SEM) with Amos software version 24. The results of this study are exogenous variables Search Engine Optimization positively have a significant effect on endogenous variables Online Purchase Decision, and exogen Internet Based Advertising influence positively and significantly on the endogen variable Online Purchasing Decision. The magnitude of the direct influence of exogenous Search Engine Optimization and exogenous variable Internet-Based Advertising on the endogenous Varable Online Purchase Decision is 75.3 %.
Copyrights © 2024