Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bina dir menggosok gigi siswa disabilitas intelektual sedang dengan penerapan media video animasi “Hancurkan Kuman dengan Menggosok Gigi” di SLB Cinta Harapan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah dua siswa disabilitas intelektual sedang kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes dan panduan observasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantiatatif. Indikator keberhasilan adalah mencapai level mastery yakni 85%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan bina diri menggosok gigi siswa disabilitas intelektual sedang kelas IV di SLB Cinta Harapan setelah menggunakan media video animasi. Terlebih dahulu peneliti memberikan pra tindakan, subjek SAS memperoleh 55% (fluency), sedangkan subjek MAH memperoleh 60% (fluency). Pada pasca tindakan siklus I subjek SAS memperoleh 87,5% (maintenance), sedangkan subjek MAH memperoleh 83,75% (maintenance). Pada siklus II subjek SAS memperoleh 90% dan subjek MAH 86,25% dengan kategori maintenance. Prosedur penerapan media video animasi akan dibahas lebih lanjut sehingga pembaca mampu mendesain proses pembelajaran bina diri yang semakin bervariatif, menarik minat siswa, dan meningkatkan motivasi belajar siswa
Copyrights © 2023