Aviation Electronics, Information Technology, Telecommunications, Electricals, Controls (AVITEC)
Vol 6, No 2 (2024): August

Analisis Rugi-rugi Daya dan Jatuh Tegangan Pada SUTT 150 kV Pekalongan-Comal dengan Menggunakan ETAP

Ziauddin Haq Vafian Zafiro (Universitas Islam Sultan Agung)
Muhamad Haddin (Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Permasalahan pada saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kV adalah peningkatan arus yang menyebabkan jatuh tegangan dan rugi-rugi daya pada saluran. Solusinya adalah melakukan evaluasi pada saluran transmisi berdasarkan SPLN No. 72 tahun 1987 dengan batas toleransi tegangan +5% dan -10%. Untuk itu diperlukan perhitungan untuk menentukan seberapa besar jatuh tegangan dan kerugian daya yang terjadi. Penelitian ini membahas tentang jatuh tegangan dan rugi daya pada SUTT 150 kV. Model ditentukan sebagai single line diagram SUTT 150 kV dengan parameter yang ditetapkan adalah: tegangan sistem, arus, spesifikasi konduktor dan panjang saluran. Simulasi pengolahan data dari perhitungan menggunakan ETAP. Obyek penelitian adalah SUTT 150 kV Pekalongan-Comal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ETAP mampu digunakan untuk menyimulasikan rugi-rugi daya dan jatuh tegangan pada SUTT 150 KV. Dari hasil penelitian ini didapat rugi-rugi daya pada perhitungan manual sebesar 744,6 kW, sementara itu dari hasil simulasi ETAP 19.0.1 sebesar 644,34 kW. Jatuh tegangan pada perhitungan manual sebesar 1,04 % dan hasil simulasi sebesar 1,64 %. Dalam kasus ini jatuh tegangan masih dalam ambang batas SPLN yaitu kurang dari 10%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

avitec

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

This journal is the scientific publications journal published by Department of Electrical Engineering, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto. It aims to promote and disseminate the research finding in the development of management theories and practices. It will provide a platform for academicians, ...