Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 13 No 1 (2024): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Pengembangan Instrumen Three-Tier Diagnostic Test Pada Konsep Pembelahan Sel Kelas IX SMP

Afriany, Messy (Unknown)
Mardiyyaningsih, Asriah Nurdini (Unknown)
Candramila, Wolly (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal tes diagnostik three-tier yang memenuhi kriteria kevalidan, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran pada Submateri Pembelahan Sel kelas IX SMP. Metode R&D yang digunakan adalah model 4D yang dimodifikasi dengan tahapan evaluasi Tessmer. Tes diagnostik disusun sebanyak 25 soal dengan tiga konsep inti yaitu kromosom, pembelahan mitosis, dan meiosis. Expert review dilakukan oleh 2 orang dosen biologi dan 1 guru IPA, one-to-one evaluation 5 orang siswa dan small group evaluation 30 orang siswa non partisipan, dan large group evaluation 180 siswa kelas IX SMP Negeri 11 Pontianak. Seluruh soal dinyatakan layak digunakan dengan nilai validasi tertinggi 0,79944 dan terkecil 0,36295 lebih besar dari nilai rtabel (0,361). Nilai reliabilitas yaitu 0,9695 berkategori sangat tinggi. Nilai indeks kesukaran mencakup 84% berkategori sukar dan 16% sedang. Profil jawaban siswa dalam evaluasi kelompok besar sudah menunjukkan sebaran pada ketiga jenis pemahaman konsep siswa dengan persentase bervariasi. Namun, daya pembeda soal masih memperlihatkan 44% berkategori jelek dan hanya 24% berkategori baik dan 32% cukup. Perbaikan pada soal-soal dengan daya pembeda yang jelek diperlukan untuk meningkatkan kualitas tes diagnostik dalam membedakan profil pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...