Gambaran tentang perilaku konsumsi mahasiswa Universitas Udayana melalui cara, kebiasaan dan motivasi yang mereka gunakan dalam menggunakan aplikasi pesan antar makanan online. Pola perilaku konsumsi mahasiswa Universitas Udayana dijelaskan dengan menggunakan pilihan rasional yang memperhatikan sumber daya berupa promosi, diskon dan keuntungan yang diperoleh melalui aplikasi pesan-antar makanan. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh informasi pilihan rasional yang mendalam. Mahasiswa aktif Universitas Udayana sebagai informan kunci sekaligus informan utama, pengemudi ojek online sebagai informan utama dan dosen sebagai informan tambahan. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif dari Miles dan Huberman. Data di lokasi penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan mahasiswa Universitas Udayana dalam memilih layanan pesan antarmakananberbasisojekonlinememerlukanpertimbangansumberdaya dan kelemahan ekosistem yang berbeda. Siswa sebagai pelaku mempunyai pengetahuan sesuai dengan tata cara penggunaan aplikasi penyampaian. Bentuk promosi berupa potongan harga, sistem pembayaran dan biaya pengiriman menjadi pertimbangan dalam memilih aplikasi pengiriman pesan yang tersedia. Pemberian penilaian nilai setelah pesanan diterima merupakan salah satu bentuk penilaian terhadap kualitas pengantaran makanan. Kriteria penilaian didasarkan pada keramahan dan kesesuaian penyampaian dengan petunjuk. Edukasi penggunaan yang baik dan benarperluditingkatkandibandingkanmengutamakan promosiagardapatmenjaringlebihbanyakpengguna.
Copyrights © 2024