Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada hubungan antara kemampuan menciptakan gelap terang dengan kemampuan menggambar kubus yang signifikan dan seberapa besarkah pengaruh dari penggunaan teknik dusel terhadap kemampuan menggambar kubus serta hubungan antar faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam menciptakan gelap terang dengan kemampuan menggambar kubus pada kelas VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan, Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan Korelasional (Correlational Research) penelitian ini melibatkan satu kelas dan memakai 2 tes dari hasil penelitian diperoleh kenaikan yang signifikan dari hasil Postest dibandingkan dengan hasil Pretest. penggunaan Teknik Dusel mencapai keberhasilan 73% dan penggunaan teknik konvensional sebesar 72% hasil perhitungan (uji linerasi) di peroleh bahwa penelitian ini menggunakan tes menggambar kubus menunjukkan kemajuan pada gambar siswa kelas VII Terpadu 4 pada SMP Muhammadiyah sehingga Ho diterima Ha ditolak, artinya terdapat hubungan signifikan positif antara penilaian prestasi kerja dengan pengembangan individu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik dusel terhadap kemampuan menggambar kubus pada siswa kela VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan.
Copyrights © 2024