Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 2 (2023): Journal on Teacher Education

Strategi dan Metode Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Satit Phatnawitya

Nuri Handayani Rambe (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Selamat Pohan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Kesulitan belajar atau ketidakmampuan siswa dalam mengahadapi tuntutan belajar di sebabkan oleh faktor internal (kemampuan, minat, motivasi,  fisik, psikologis) dan eksternal (orang tua, keluarga, lingkungan, metode pengajaran, strategi guru) siswa. Penelitian yang dilakukan peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi dan metode yang digunakan guru di Satit Phatnawitya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif  dengan pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis kesulitan belajar siswa termasuk slow learner, learning disorder dan under achiver. Faktor penyebab kesulitan belajar adalah minat, motivasi dan kecerdasan siswa. Guru melakukan diagnosis kesulitan belajar siswa dengan mengidentifikasi siswa. Guru juga memberikan motivasi dan menggunakan teknologi seperti google classroom dalam proses pembelajaran sebagai alat pendukung pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...