Pendidik dalam memilih media pembelajaran harus mempertimbangkan dua hal yaitu tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan karakteristik materi yang akan diajarkan. Sehingga diperlukan alternatif pemecahan seperti penggunaan aplikasi berbasis digital untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik berdasarkan permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan aplikasi Padlet dan Quizizz selama proses pembelajaran. Selama proses penerapan Padlet dan Quizizz dalam kegiatan pembelajaran, kedua aplikasi ini mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi peserta didik hal ini dibuktikan dengan antusiasme peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Padlet diigunakan sebagai landasan pemahaman materi sedangkan Quizizz sebagai alat evaluasi terstruktur. Penggunaan Padlet dan Quizizz secara bersamaan dapat menciptakan pengalaman belajar yang intelektual, emosional, mengakomodasi berbagai gaya belajar peserta didik, dan memotivasi peserta untuk memiliki daya saing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024