Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 3 (2024): Journal on Teacher Education

Pengaruh Busy Book terhadap Pengenalan Bilangan dan Bentuk Geometri pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Nurul Hidayah Kebumen

Wiarati , Heratriana (Unknown)
Isnaningsih, Anti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2024

Abstract

Penggunaan media belajar Busy Bookerhadap pengenalan bilangan dan bentuk geometri pada anak dapat digunakan untuk menstimulasi anak usia dini sebagar dasar anak untuk mengenal konsep matematika dasar. Busy Book merupakan sebuah media berbentuk buku yang berisikan berbagai macam kegiatan pengenalan bilangan dan bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui pengaruh Busy Book terhadap pengenalan bilangan dan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jenis peneltian ini adalah Quasi Experiment dengan One Grup Pretest-Posttest design. Subjek penelitian ini menggunakan anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Hidayah Kebumen yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara atau tes lisan dan analisi data menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil nilai sig. (2-tiled) sebesar 0.000 artinya penelitian menunjukan bahwa penggunaan busy book memberikan pengaruh terhadap kemampuan mengenal bilangan dan bentuk geometri pada anak sebesar 25.35% dari rerata 48.65 menjadi 74.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...