Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 6 No. 1 (2024): Journal on Teacher Education

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) di Kelas VII SMPN 44 Palembang

Anggun Serina (Universitas PGRI Palembang)
Anggria Septiani Mulbasari (Universitas PGRI Palembang)
Marhamah Marhamah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Studi ini menggunakan quasi exsperiment dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini melibatkan siswa di SMP Negeri 44 Palembang tahun pelajaran 2023-2024 berjumlah 60 siswa, sampel yang digunakan 30 siswa untuk masing-masing kelas, kelas eksperimen yaitu kelas VII.2 dan kelas kontrol kelas VII.3. siswa ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian berasal dari tes essay kemampuan berpikir kritis. Siswa di kelas eksperimen menerima skor rata-rata 71.51, sementara siswa di kelas kontrol menerima skor rata-rata 57,39. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata  skor kelas kontrol. Hasil yang didapat dari pengujian hipotesis memakai uji Independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% mendapatkan hasil >  (4.198>2.002). hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran POE berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...