Inisiatif Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berfokus pada literasi dan numerasi yang lebih baik, penggunaan teknologi yang lebih baik, dan manajemen sekolah melalui kampus mengajar. Siswa di seluruh Indonesia memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan keras dan lunak mereka dengan hadirnya program Kampus Mengajar ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program kampus mengajar mempengaruhi budaya literasi siswa di SMK PERTIWI Mojokerto, serta masalah dan kesulitan yang dihadapinya. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif studi kasus. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa Gerakan Sekolah Literasi dan Numerasi adalah bagian dari program Kampus Mengajar generasi ke-6 di SMK PERTIWI Mojokerto. Pelaksanaan program ini menghadapi sejumlah masalah, termasuk kurangnya koordinasi antara pemerintah pusat dan sekolah daerah, serta kekurangan sumber daya dan infrastruktur. Berkenaan dengan efek yang dihasilkan oleh program kampus mengajar generasi keenam terhadap budaya literasi siswa, tes yang dilakukan melalui platform MBKM menunjukkan transformasi yang signifikan. Ini menandakan bahwa program-program yang dijalankan oleh mahasiswa kampus mengajar memiliki potensi untuk memengaruhi budaya literasi siswa, meskipun pengaruhnya mungkin terbatas dalam lingkup tertentu.
Copyrights © 2023