Buletin Ilmiah Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2024)

Keefektifan Aplikasi Sisa Smart dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Berdasarkan Persepsi Guru dan Siswa di Sekolah Sasanupatham

Silviana, Silviana (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)
Laeli, Sobrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Kemajuan teknologi digital 5.0 telah meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi digital dalam berbagai aspek kehidupan. Namun di Sekolah Sasanupatham, tingkat literasi digital siswa masih perlu ditingkatkan, dan ketersediaan sumber belajar terkait literasi digital masih terbatas. Dalam konteks ini, aplikasi Sisa Smart menarik karena berpotensi meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru dan siswa terhadap efektivitas penggunaan aplikasi Sisa Smart dalam meningkatkan proses pembelajaran di Sasanupatham School, Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan wawancara terhadap 6 responden dan observasi. Data dianalisis secara tematis dengan bantuan Nvivo 12 Pro, dan validitas data diperkuat melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Sisa Smart meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesiapan, motivasi, dan efisiensi siswa. Guru dan siswa yakin aplikasi ini membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memungkinkan siswa lebih mandiri dalam mengevaluasi proses pembelajarannya. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam mengenai pengaruh aplikasi Sisa Smart dalam konteks pembelajaran di Sekolah Sasanupatham dan menjadi dasar penelitian lebih lanjut dalam mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Buletin Ilmiah Pendidikan (BIP), with ISSN 2964-5506, is open access and peer-reviewed scholarly journal published Papanda. This Journal is published twice a year. This publication is available online through open access. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and ...