Buletin Ilmiah Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2024)

Penerapan Morning Routine untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa: Studi Kasus di Sekolah Anuban Baan Suanmark Thailand

Haerani, Rafika (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)
Indra, Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Kebiasaan atau Rutinitas Pagi hari sangat penting dalam membentuk perilaku dan sikap anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan program Rutin Pagi sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Anuban Baan Suanmark di Thailand. Melalui metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam bentuk gamba. Hasil analisis menunjukkan bahwa program ini mengedepankan keteladanan, rutinitas, dan spontanitas sebagai indikator utama. Meski menghadapi kendala seperti perbedaan tingkat kecerdasan siswa dan situasi spontan yang tidak terduga, namun sekolah mengambil langkah kreatif dan inklusif untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini memberikan gambaran mendalam bagaimana pembiasaan melalui program Rutin Pagi dapat membentuk kedisiplinan siswa dan mendorong pembelajaran efektif di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Buletin Ilmiah Pendidikan (BIP), with ISSN 2964-5506, is open access and peer-reviewed scholarly journal published Papanda. This Journal is published twice a year. This publication is available online through open access. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and ...