Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Pengaruh Metode TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MA Sunan Drajat Sugio

Rofi'ah Huda, Miskhatur (Unknown)
Aisah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode TPS (think pair share) terhadap ketrampilan menulis teks eksposisi. Metode Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas X yang berjumlah 49 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling, dimana peneliti memilih kelas XA dan XB untuk dijadikan sampel pada penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji -t) dengan pengujian sebelumnya menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode TPS (think pair share) untuk meningkatkan ketrampilan meulis teks eksposisi. Berdasarkan uji hipotesisi yang dilakukan diketahu nilai sig. sebesar 0,000<0,005, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini mebuktikan bahwa terdapat pengaruh metode TPS (think pair share) untuk meningkatkan ketrampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X MA Sunan Drajat Sugio.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...