Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kondisi mahasiswa dalam keinginan membuka usaha ditinjau dari aspek motivasi, persepsi dan lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dimana data diperoleh dari sumber data primer yang berasal dari pengumpulan data kuesioner. Kuesioner diberikan kepada responden untuk menjawab pertanyaan yang sudah disediakan. Responden penelitian ini merupakan mahasiswa yang masih aktif di perguruan tinggi yang berada diwilayah Yogyakarta dan luar Yogyakarta. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan program SPSS. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variable bebas dan variable terikat. Independent Variable (variable bebas) nya yang terdiri dari : motivasi (X1), persepsi X2) dan Lingkungan social (X3). Sedangkan Dependent Variabel (variable terikatnya) berupa Keinginan membuka usaha.(Y). Hasil penelitian ini menunjukkan variabel motivasi dan lingkungan social memiliki pengaruh yang positif terhadap kondisi mahasiswa dalam keinginannya membuka sebuah usaha. Motivasi memiliki pengaruh secara simultan terhadap variable berwirausaha mahasiswa. Dengan motivasi yang dimiliki dalam berwirausaha menjadikan mahasiswa mandiri (dapat melakukan banyak hal dan dapat membiayai kebutuhannya sendiri). Lingkungan social memiliki andil dalam mempengaruhi perkembangan pola pikir dan kebiasaan individu yang berada didalamnya sedangkan variabel persepsi tidak memiliki pengaruh terhadap minat/ keinginan dalam berwirausaha . Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa tetap bisa memiliki keinginan untuk melakukan usaha meskipun pemahaman / persepsi terkait kewirausahaan masih kurang.
Copyrights © 2024