Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa dengan menerapkan model inkuiri terbimbing di kelas V SDN 13 Sojol. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana instrument penilaiannya terdiri dari observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Data hasil observasi aktivitas siswa dan guru dianalisis dalam bentuk persentase. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep IPA siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri terbimbing. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi secara langsung dari siswa dan juga dari guru selama kegiatan berlangsung melalui penerapan model inkuiri terbimbing. Dokumentasi sebagai data pendukung dan pelengkap dari penggunaan metode observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 orang siswa SDN 13 Sojol Bersama dengan wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Meningkatnya aktivitas siswa dan guru dari siklus I ke siklus II disebabkan oleh adanya refleksi terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan juga dalam penerapan model inkuiri mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa dikarenakan siswa mengalami langsung percobaan tersebut. Peningkatan juga ditunjukkan oleh hasil tes evaluasi yaitu pada siklus I daya serap klasikal (DSK) hanya mencapai 71,63% dengan ketuntasan belajar klasikal (KBK) hanya mencapai 56,25%. Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,63% untuk daya serap klasikal (DSK) sedangkan ketuntasan balajar klasikal (KBK) mengalami peningkatan menjadi 100%. Hal tersebut disebabkan oleh 6 langkah pembelajaran model inkuiri terbimbing yang dikaitkan pada materi kedalam kontekstual dimana hal tersebut dialami siswa dikehidupan sehari-hari sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi. Kata Kunci: Pemahaman konsep, Model Inkuiri Terbimbing, IPA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024