Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk, warna dan ukuran belum berkembang sesuai harapan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran kurang menarik, kurangnya kegiatan mengembangkan kemampuan mengenal bentuk, warna dan ukuran serta bersifat abstrak. Adapun yang dapat dilakukan adalah menggunakan model problem based learning dan media papan kancing pintar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan hasil perkembangan anak. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarmasin dengan jumlah anak 12 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas anak, lembar hasil capaian perkembangan, dan rubrik penilaian digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Aktvitas guru pertemuan I-IV terlaksana dari skor 23 sampai 30 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak pertemuan I-IV terlaksana dari awalnya 41,7% mencapai 91,7% dengan kriteria sangat aktif. Hasil perkembangan kognitif anak pada pertemuan I-IV meningkat dari 41,7% hingga mencapai 91,7% dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif masukan dalam pemilihan model pembelajaran.
Copyrights © 2024