Earth hour, kantong plastic berbayar, dan penanaman sejuta pohon adalah wujud meningkatnya kepedulian manusia pada lingkungan yang semestinya diikuti pula dengan makin baiknya sikap siswa pada lingkungan, tetatpi sikap siswa pada lingkungan masih bersifat negative. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap sikap siswa pada lingkungan. Model pembelajaran tersebut diterapkan karena sesuai dengan prinsip pembelajaran yang berpusat pada permasalahan yang terjadi nyata dekat dengan siswa. Data diperoleh menggunakan metode penelitian quasi eksperimen, dengan pengujian sikap pada pretest dan posttest, Teknik pengolahan data penelitian menerapkan uji t. Untuk menguji hipotesis peneliti menerapkan perhitungan statistik dengan memanfaatkan software SPSS versi 21. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 4. Hasil peneltian menunjukkan: (1) sesudah penerapan PBM sikap siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan; (2) sesudah pembelajaran konvensional sikap siswa pada lingkungan di kelas kontrol mengalami peningkatan; (3) sikap siswa pada lingkungan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (4) di kelas eksperimen sikap siswa kelompok atas pada lingkungan lebih baik daripada kelompok bawah. Untuk meningkatkan keaktifan siswa perlu penerapan PBM lebih intensif, dan penelitian ini sebaiknya ditindaklanjuti dengan penelitian pada prilaku.Kata kunci: model pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, sikap.
Copyrights © 2016