Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 22 No 1 (2024): Edukasi: Jurnal Pendidikan

EKSPLORASI GUIDED DISCOVERY LEARNING: PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH DASAR

Halim, Hamida Lailiya (Unknown)
Wulandari, Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Tujuan studi ini adalah guna mengetahui apakah model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri. Studi berikut menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen semu, dengan melibatkan peserta didik SDN Ngaban kelas 4, materi Perubahan Bentuk Energi. Untuk melihat pengaruh model GDL, akan dibuktikan melalui pengumpulan data pretest-posttest serta angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, pengujian normalitas, homogenitas, serta independent sample t-test menunjukkan hasil positif yang signifikan. Nilai mean tes berpikir kritis meningkat dari 61,67 menjadi 74,67, dengan nilai sig(2-tailed) 0,002 dan 0,000 (<α 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwasanya model GDL secara signifikan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri peserta didik, khususnya dalam pembelajaran IPA.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...