Proceeding Seminar Nasional IPA
2024

AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN CRITICAL THINKING SISWA SMP

Rahmawati, Umi (Unknown)
Salimah, Khaerani Firda (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Memasuki abad 21, kemajuan teknologi dan sains meningkat pesat yang menyebabkan keduanya tidak dapat dipisahkan. Sehingga menjadikan adanya tuntutan di dunia pekerjaan yaitu mewajibkan memiliki suatu kemampuan yang dibutuhkan didunia pekerjaan. Kemampuan tersebut yaitu kemampuan 4C, salah satunya yaitu Critical Thinking. Kemampuan Critical Thinking ini sangat penting karena sebagai persiapan untuk menghadapi dunia pekerjaan dan khususnya dapat mempermudah dalam memahami pembelajaran di jenjang yang sedang ditempuh, contohnya pada jenjang SMP. Pembelajaran IPA yang mengaplikasikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Augmented Reality bertujuan untuk memberikan wadah supaya peserta didik dapat menumbuhkan kemampuan Critical Thinking. Pada penelitian ini menggunakan metode literature review yaitu dengan mengkaji dari literatur jurnal internasional serta jurnal nasional pada website (Scopus, Shinta, dan Google Scholar) dan dari berbagai sumber ilmiah lain yang relevan. Menurut hasil literature review yang dikaji bahwa pembelajaran IPA menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Augmented Reality dapat digunakan sebagai solusi unutk meningkatkan kemampuan Critical Thinking peserta didik, khususnya peserta didik jenjang SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...