Nuansa Journal of Arts and Design
Vol 7, No 2 (2023): September

Analisis Kelayakan Penyajian Isi Buku Panduan Guru Seni Rupa SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka Tahun 2021

Guntur, Guntur (Unknown)
Irfan, Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2023

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan penyajian isi Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka tahun 2021 , yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMA/SMK Kelas X di tulis oleh Monika Irayati dan Saraswati Dewi, yang dimana buku ini  memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Pengembangan dan penulisan buku ini disesuaikan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang merupakan sebuah metode penelitian dengan memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan sejara deskriptif, deskripstif yang dimaksud dalam hal ini adalah untuk memahami kondisi suatu konteks dengan mengarahkan pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi dalam suatu konteks secara alami dan apa adanya. Dalam pengimplementasiannya Buku teks pembelajaran (Buku Panduan Guru) Seni Budaya Kelas X SMA/SMK yang diterbitkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan dengan indikator cakupan materi yang merangsang keingintahuan telah dikaji dalam buku ini dan masih perlu dikembangkan lagi isi dan kualitasnya. Namun secara umum, isi materi yang diberikan melalui penjelasan yang komunikatif dan afektif  telah menunjukkan kesesuaian dengan profil pelajar pancasila pada mata pelajaran seni rupa dan pengenalan dalam capaian pembelajaran.Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan penyajian isi Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka tahun 2021 , yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMA/SMK Kelas X di tulis oleh Monika Irayati dan Saraswati Dewi, yang dimana buku ini  memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Pengembangan dan penulisan buku ini disesuaikan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang merupakan sebuah metode penelitian dengan memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan sejara deskriptif, deskripstif yang dimaksud dalam hal ini adalah untuk memahami kondisi suatu konteks dengan mengarahkan pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi dalam suatu konteks secara alami dan apa adanya. Dalam pengimplementasiannya Buku teks pembelajaran (Buku Panduan Guru) Seni Budaya Kelas X SMA/SMK yang diterbitkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan dengan indikator cakupan materi yang merangsang keingintahuan telah dikaji dalam buku ini dan masih perlu dikembangkan lagi isi dan kualitasnya. Namun secara umum, isi materi yang diberikan melalui penjelasan yang komunikatif dan afektif  telah menunjukkan kesesuaian dengan profil pelajar pancasila pada mata pelajaran seni rupa dan pengenalan dalam capaian pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Nuansa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Nuansa Journal of Arts and Design menerbitkan artikel pada bidang Pendidikan Seni dan Desain. Nuansa Journal of Arts and Design terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan September dan Maret. ...