Kemampuan literasi numerasi peserta didik SMP di Indonesia termasuk dalam kategori rendah. Sementara kemampuan literasi numerasi adalah hal dasar yang sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui kategori peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas VII SMP yang belajar dengan pembelajaran model Project-Based Learning; 2) mengetahui peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas VIII SMP yang belajar dengan pembelajaran model Project-Based Learning lebih tinggi atau lebih rendah daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran model Direct Instruction. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan metode quasi experimental design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) kategori peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas VIII SMP yang belajar dengan pembelajaran model Project-Based Learning berada pada kriteria sedang. 2) Peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas VIII SMP yang belajar dengan pembelajaran model Project-Based Learning tidak lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran model Direct Instruction.
Copyrights © 2024